Chairul Tanjung, Si Anak Singkong Pengusaha Sukses Dan Menteri

October 05, 2015
[ Image : wafertango.com ]
Chairul Tanjung siapa yang tidak kenal dengannya pemilik stasiun TV swasta ini yang semasa kecilnya dipanggil Si Anak Singkong. Panggilan tersebut karena Chairul Tanjung adalah seorang anak kampung. Namun kini siapa sangka Chairul Tanjung adalah seorang miliarder, Chairul Tanjung menjadi miliarder berkat kesuksesan dari bisnis yang Ia bangun.

Namun kekayaan yang Chairul Tanjung punya bukan Ia dapat secara instant, sebagai seorang pebisnis Chairul Tanjung memulai semuanya dari bawah. Dengan kerja keras dan tantangan besar untuk menghadapi beratnya tantangan pulalah membuat Ia menjadi sukses seperti sekarang.
Chairul Tanjung memulai kerajaan bisnisnya bukan hasil dari pinjaman atau warisan orangtuanya. Ia memulai dengan keadaan modal yang terbatas dari uang sakunya sendiri. Bagaimana cerita disebalik kesuksesannya, yuk simak ulasan dibawah ini.

Mempunyai Jiwa Bisnis

Ketika Chairul Tanjung  kuliah di Universitas Indonesia jiwa bisnisnya sudah kelihatan. Uang kuliah yang tinggi dan keadaan ekonomi orangtuanya yang kurang membuat jiwa bisnisnya muncul.
Ketika kuliah Chairul Tanjung berjualan buku kuliah stensilan dan kaos. Begitu modalnya cukup lalu Ia membuka usaha fotocopy. Ia juga pernah berjualan peralatan kebakaran dan laboratorium didaerah Senen, Jakarta Pusat.

Tidak Semua Berjalan Mulus

Dalam menjalankan bisnisnya tidak semua berjalan dengan mulus, seperti pebisnis sukses lainnya bisnis yang Chairul Tanjung jalankan juga sering terpuruk. Seperti yang Chairul Tanjung alami ketika bisnis toko peralatan kedokterannya didaerah Senen bangkrut.
Usaha yang Chairul Tanjung dirikan bersama tiga orang temannya juga harus Chairul Tanjung tinggalkan karena perbedaan visi mereka. Walaupun sering mengalami kegagalan dalam bisnis hal itu tidak membuatnya patah arang. Dengan sering jatuh bangunnya bisnis yang Ia geluti justru membuat dirinya semakin terpacu untuk terus maju demi kesuksesan didepan.

Kegigihan Membuatnya Menjadi Salah Satu Orang Terkaya

Ketika keluar dari perusahaan yang Ia bangun dengan teman-temanya, Chairul Tanjung mulai membangun lagi bisnisnya di bisnis keuangan, property, dan multimedia.salah satu langkah terbesarnya adalah ketika Ia mulai mengakusisi Bank Karman menjadi Bank Mega. Iniah awal yang menjadikannya kaya raya dan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Usaha yang Chairul Tanjung miliki sekarang adalah, dibawah Para Group Ia memiliki Para Inti Holdindo yang dibawahnya ada beberapa subholding yaitu para Inti Propertindo yang fokus di dibidang property, Para Global Investindo yang fokus dibidang bisnis keuangan, dan Para Inti Investindo yang fokus dibidang media dan investasi. Dan banyak lagi bisnis yang dimiliki oleh bos Trans Tv dan Trans7 ini.
Dengan kekayaan yang Chairul Tanjung dapat dari kerajaan bisninya membuat Ia masuk dalam salah satu orang terkaya didunia asal Indonesia pada 2010. Pada tahun 2011 dengan kekayaan yang Ia miliki mencapai 2,1 Miliar Dolar AS Ia dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya diperingkat 11 Indonesia. Dan sekarang Ia sudah menaiki peringkat orang terkaya nomor 5 Indonesia.

Menjadi Menteri Koordinator  Perekonomian

Dengan kesuksesannya didunia bisnis juga mengantarkan dirinya menjadi Menteri Perekonomian yang ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 16 Mei 2014 menggantikan Hatta Rajasa yang mengundurkan diri. Dengan Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 2014 akhirnya Ia dilantik di Istana Negara oleh Presiden pada hari Senin tangga 19 Mei 2014.


0 Response to "Chairul Tanjung, Si Anak Singkong Pengusaha Sukses Dan Menteri "

Post a Comment